ARTIKEL

Alasan Mengapa Kurma Merupakan Makanan terbaik Saat Ramadhan

Oleh : Admin

Ramadhan sebentar lagi tiba. Tentu banyak hal yang berbeda ketika Ramadhan, yang tidak terjadi pada hari biasanya. Ada hal yang benar-benar seru terutama bagi kamu yang berpuasa, jika tidak kamu tidak akan merasakan bedanya. Dalam bulan Ramadhan adalah sebuah hal yang wajib dijalankan kalau kamu mengaku sebagai seorang muslim, kecuali jika kamu tidak mampu atau ada halangan tertentu. Ngabuburit, buka bersama hingga pasar kaget dengan menjual aneka macam barang, merupakan hal yang mengasikkan. Aneka makanan ringan hingga berat untuk buka puasa, aneka minuman dan takjil sudah lumrah jika berderet dijalan-jalan besar. Demikian juga kembang api dan petasan. Banyak orang yang berusaha mencari peruntungan dari bulan Ramadhan ini. Saya pun dulu demikian, saya pernah berjualan kembang api di pinggir jalan. Meski bukan pertama kali berjualan, namun menjual kembang api di jalan memiliki tantangan tersendiri. Selama Ramdhan untuk dapat betahan sebulan penuh tentu saja bukanlah hal yang mudah. Menahan haus dan lapar terutama pada awal puasa biasanya justru menjadi tantangan terberat. Dimana kondisi tubuh perlu beradaptasi dengan kebiasaan baru. Lelah dan lesu pada awal-awal puasa biasa terjadi. Selain memastikan kebugaran dengan makan sahur dan minum air yang cukup, ada satu resep tambahan yang dapat membuat kamu tetap lancar beraktivitas. Sebuah tradisi tidak tertulis, dalam bulan Ramadhan pastinya tidak lengkap tanpa adanya buah kurma. Penjualan buah ini tiba-tiba meningkat dan stok pasar juga melimpah. Karena memang buah ini penuh manfaat dan sangat cocok untuk membantu dirimu tetap segar selama berpuasa di bulan Ramadhan. Kurma disebutkan dalam hadist bahkan dalam Al-qur’an, kurma disebut di 21 kali. Ini merupakan buah yang disebutkan paling banyak dalam Al-qur’an. Dalam hadist disebutkan tentang kurma dan bagaimana memakan kurma pada waktu berbuka puasa, untuk sarapan pagi, sebagai campuran minuman dan untuk disuapkan pada bayi.


            Bahkan dalam Injil kurma juga disebut hingga 51 kali. Menurut peneliti pangan kurma adalah makanan yang hampir ideal karena menyediakan nutrisi esensial yang lengkap untuk kesehatan. Hasil ini tentu memiliki sebuah potensi bahwa kurma bisa menjadi makanan terbaik di masa depan. Dikatakan sebagai makanan “hampir” ideal masa depan oleh para periset di Amerika (Shahib & Marshall, 2003). Berikut adalah alasan mengapa kurma adalah makanan ideal untuk kamu saat bulan Ramadhan: Hasil perbandingan dari analisa lab USDA (US Dept of Agriculture) dengan produk pangan populer lain (beras, bayam, durian, anggur, pisang, apel, kentang, buah tin, mangga, kiwi) menunjukkan kurma mempunyai kandungan unsur nutrisi terbaik (kalori, karbohidrat, protein, serat tertinggi, lemak terendah dan tanpa kolesterol). Mengandung juga vitamin lengkap yaitu 8 macam vitamin, serta kandungan elektrolit dan mineral tertinggi.


            Selain itu juga masih mengandung phytonutrients seperti betacaroten dan juga 23 asam amino. Masyarakat mulai banyak mengkonsumsi kurma karena merupakan salah satu makanan tersehat. Dan juga mulai disajikan dalam bentuk supplement atau makanan sehat tambahan. Serbuk sari bunga jantan kurma berguna untuk membantu kesuburan wanita, sedangkan akar kurma bermanfaat untuk kejantanan pria serta saripati buah kurma sangat baik untuk meningkatkan kesehatan semua jenis dan tingkatan usia. Untuk memakan kurma caranya pun sederhana. Selain diolah kurma yang dibeli dipasaran juga bisa langsung dikonsumsi. Namun Rosululloh menyarankan untuk memakan kurma dalam jumlah ganjil 3, 5 atau 7 dan yang terbaik adalah memakan kurma sebanyak 7 buah. Salah satu manfaat mengkonsumsi 7 buah kurma adalah terhindarnya sihir pada hari tersebut. Sebenarnya selain itu kurma juga memiliki manfaat yang lain selain tercukupinya nutrisi, meningkatnya kekebalan tubuh juga mencegah berbagai macam penyakit. Selain itu dengan makan kurma maka kamu akan tetap bugar dan bisa beraktifitas seperti biasa selama bulan Ramadhan. So, tunggu apalagi, kamu bisa beli mulai saat ini. Atau malah kamu mau jualan kurma sekalian?

By Admin